Kamis, 23 Oktober 2014

CERPEN : SUSAHNYA NGEKOS

SUSAHNYA NGEKOS



     Kali ini gue akan posting sebuah cerita hidup gue. cerita nyata yang menyakitkan dan mengharukan. cerita ini tentang apa yang gue rasain waktu pertama kali ngekos. langsung ke ceritanya........

     siang itu gue sama temen gue berencana mau cari kos-kosan di daerah deket sokolah baru gue. temen gue sama bapaknya, sedangkan gue apa? gue sendiri. cari sekolah sendiri, cari kos sendiri. tapi, gue bukanya nyalahin orang tua gue, tapi gue sadar kalau orang tua gue berjuang buat ngehidupin gue. 
setelah sampai di daerah deket skolah gue, gue sama temen gue bingung mau jalan kemana. akhirnya bapak temen gue berinisiatif buat muter-muter daerah deket skolah. dia tanya-tanya ke warga sekitar. akhirnya temen gue ditelfon bapaknya, suruh ke gang belakang rumah makan besar. gue sama temen gue langsung meluncur. sesampainya di sana gue sama temen gue dikenalin ke ibu-ibu yang punya kos. terus gue suruh lihat kamar yang mau disewa'in. gue lihat, kamarnya lumayan luas, nyaman, dan rapi. akhirnya gue sama temen gue setuju milih kos itu. selanjutnya gue sama temen gue mbayar DP pembayaran.
     setelah habis lebaran gue langsung nempatin kos-kosan gue itu. pertama rasanya asik banget. bisa ngumpul sama tamen-temen tiap saat. bisa main ke mana aja tanpa ada yang ngelarang dan nyuruh pulang karena dah malam.tapi setelah gue banyak bicara sama temen-temen gue, gue tiba-tiba diem. rasanya ada yang kurang dari semua yang gue rasain. kalian tau apa itu?. itu adalah kebersamaan keluarga. nggak ada kenakalan adek gue. nggak ada bantuan ibu gue. yang ada cuma telfon dari mereka. bayangin aja, kalian cuma bisa dengerin suara orang-orang yang lho sayang tanpa bisa melihat mereka dan menyentuh mereka. sejak saat itu gue sadar kalau keluarga adalah segalanya. karena suatu saat kalian harus siap kehilangan mereka. atau mereka yang akan kehilangan kalian.

     kesulitan selanjutnya adalah kekurangan makanan dan nutrisi. di kos gue sering kekurangan makan. waktu makananya ada, rasanya makanan itu nggak buat badan kita sehat dan segar. makanan itu cuma buat kita kenyang. kadang gue rela nggak makan demi nabung. tapi apa? uang tabungan gue sering abis begitu aja. gue kadang nggak tau kenapa bisa abis. yang gue tau cuma ngelanjutin hidup tanpa keluarga. berjuang sendiri
     kesulitan lainya adalah kalau kehabisan uang. uang buat anak kos itu bagaikan barang yang bisa diubah jadi apa aja. selama jumlahnya sepadan dengan sesuatu yang kita inginkan. saat gue kehabisan uang kadang gue pinjem temen. pinjem bukan buat seneng-seneng. tapi buat makan atau pulang. ya, gue sering pulang waktu gue kehabisan uang. gue nggak mau terus cari bantuan orang lain saat gue kesulitan. bapak gue ngajarin gue saat kita kesulitam, bukan bagaimana kita cari pertolongan, tapi bagaimana kita mengatasinya dan mendapat keuntungan dari kesulitan itu. ini ibarat membalikan keadaan. dari kesulitan jadi keuntungan. itu salah satu prinsip hidup gue dan keluarga

     juga ada kesulitan yang menentukan hidup mati kita di kos. ysitu saat kita sakit nggak ada yang ngeperhati'in kaya orang tua kita. gue sakit, gue rasain sendiri. sampai pernah gue sakit batuk berat. tengah malem gue bangun. gue batuk-batuk sampai dada gue sakit. sampai gue lupa gimana caranya batuk. seakan-akan gue pengen batuk, tapi gue nggak bisa batuk. bayangin rasanya gimana?. kalau dirumah ada yang ngurusin. ada yang nyari'in obat,ada yang ngasih minum tapi di kos.... semua itu nggak ada.. ini yang gue maksud anak kos itu sendiri yang nentuin hidupnya. mati atau hidup. sakit gue cuma batuk. temen gue ada yang sakit parah dikos. dan dia berjuangan cuma dengan bantuan temen-temen kos.
     cerita ini gue bagi bukan buat kalian takut ngekos. tapi biar kalian tau apa arti kos sebernaya. kita hidup bukan hanya buat seneng-seneng, tapi kita hidup untuk menentukan nasib kita kedepa. kalau kalian bisa njaga pergaulan dan memaknai semua yang terjadi di kos itu adalah pelajaran positif yang akan buat kita dewasa. kos itu pilihan antara cuma diam dirumah atau pergi jauh dan menetap untuk kehidupan yang lebih baik. jadi buat kalian, jangan takit ngekos. karena dari kalian ngekos kalian akan tau rasanya hidup bener-bener sendiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar